• September 20, 2021
Urutan Film Star Wars

Urutan Film Star Wars yang Harus Ditonton

Rentaekipo – Kisah 42 tahun Star Wars akhirnya berakhir dengan hadirnya Star Wars: The Rise of Skywalker film terbaru Star Wars yang dirilis serentak di seluruh dunia kemarin pada 18 Desember 2019. Mungkin yang baru dalam dunia perfilman Star Wars akan bingung urutan film Star Wars. Berikut akan dirangkum urutan kronologis cerita Star Wars.

Urutan Film Star Wars

Episode I: The Phantom Menace (1999)

Cerita ini terjadi 32 tahun sebelum pertempuran Yavin (Battle of Yavin – BBY) dengan penemuan Anakin Skywalker di Tatooine berusia 9 tahun. Qui-Gon Jin Jedi Master mengetahui Anakin memiliki ‘Force’. Sementara itu, Dewa Sith ternyata menjadi sekutu sisi gelap Force yaitu Darth Sidious yang ingin menghancurkan Jedi dan memanipulasi sistem politik Republik Galactic.

Episode II: Attack of the Clones (2002)

Dalam film ini alurnya maju 10 tahun ke 22 BBY. Di sini, Anakin terlihat murung dan masih menjadi murid Jedi Obi-Wan Kenobi. Dia bahkan jatuh cinta pada Padme Amidala. Jedi Count Dooku seorang pemberontak meyakinkan sistem bintang agar meninggalkan Republik dan bergabung dengan Konfederasi Sistem Independennya.

Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Pada episode 3 memiliki latar waktu 19 BBY. Darth Sidious dan Clone Wars melakukan langkah terakhir untuk mengambil alih galaksi ketika Sidious menyatakan dirinya menjadi Kaisar. Anakin yang awalnya baik justru tertarik dengan sisi gelap dan menjadi murid Sidious. Padme kemudian melahirkan anak kembar bersama Anakin yaitu Luke dan Leia.

Solo: A Star Wars Story (2018)

Petualangan film ini berlangsung dengan alur waktu 13-10 BBY yang menceritakan plot awal pilot Roguish Ace, Han Solo sebelum bertemu dengan Skywalker. Film ini memang bukan termasuk Skywalker Saga namun yang penasaran dengan Star Wars Universe bisa menonton ini.

Rogue One: A Star Wars Story (2016)

<Rogue One> adalah film antologi mandiri lainnya bersama dengan film solo. Bertempat di 0 BBY, film ini menceritakan kemenangan besar pertama Aliansi Pemberontak yang melawan Kekaisaran saat tim memegang super weapon, Death Star. Rogue One adalah prolog film Episode IV: A New Hope.

Episode IV: A New Hope (1977)

Ini termasuk Skywalker Saga yang berlatar belakang 0 BBY. Darth Vader ingin melacak rencana Death Star yang dicuri Putri Leia. Ada juga kejadian Han Solo dan Luke Skywalker bersekutu dengan Aliansi Pemberontak.

Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Leia, Luke, dan Han bergabung di 3 ABY dalam pelarian dari Kekaisaran yang marah, Luke mempelajari ‘Force’ ketika ia menjadi Jedi dan kemudian mengetahui bahwa Darth Vader adalah ayahnya.

Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Pada 4 ABY, Death Star kedua diserang Aliansi Pemberontak. Kaisar Darth Vader mencoba membuat Luke bergabung ke sisi gelap. Namun upaya ini gagal. Leia kemudian mengetahui bahwa ia adalah saudara kembar Luke dan anak Darth Vader.

Episode VII: The Force Awakens (2015)

Ini terjadi pada 34 ABY. Luke menghilang dan Rey yang misterius terlibat perlawanan. Putra Leia, Ben Solo dan Han kemudian jatuh ke sisi gelap dan menjadi Kylo Ren.

Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Kylo Ren berhasil menguasai Orde Pertama. Rey kemudian belajar Angkatan dan ingin membawa Kylo Ren ke sisi terang. Sayangnya upaya ini tampaknya gagal.

Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

The Rise of Skywalker adalah sekuel terakhir dari Star Wars Universe. Menceritakan perjalanan Poe Dameron, Finn, dan Rey tentang perlawanan dengan Orde Pertama. Pertempuran terakhir pun dimulai.

Nah apabila Anda masih bari dengan Star Wars Universe, cobalah menonton sesuai urutan film Star Wars di atas agar bisa memahami seluruh ceritanya. Menariknya, sekarang ini ada banyak item original bertema Star Wars yang tersedia di Blibli.com khusus untuk para penggemar Star Wars.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *