• April 17, 2022
Doa Niat Puasa Ramadhan

Cara Mudah Mengajarkan Anak Niat Puasa Ramadhan

Rentaekipo – Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam yang balig dan berakal. Untuk membiasakan menjalankan kewajiban ini, sebaiknya diajarkan sejak dini secara bertahap dan tanpa memaksa. Mengajarkan anak berpuasa bisa dimulai dengan belajar doa niat puasa ramadhan dan doa-doanya. Karena niat adalah syarat sebelum menjalankan puasa agar terbiasa hingga dewasa kelak.

Berikut cara mengajarkan anak niat puasa Ramadhan dan doa-doa selama Ramadhan:

Doa Niat Puasa Ramadhan

  • Ajarkan anak konsep ibadah puasa dan berdoa

Jika langsung mengajak anak berpuasa pastilah anak akan bertanya-tanya mengapa ia harus melakukan hal tersebut. Karenanya perlahan ajarkan anak konsepnya, bagaimana puasa dilakukan, bahwa kita melakukannya sebagai perintah Allah. Begitu pula dengan berdoa, bahwa hal tersebut adalah bentuk komunikasi dengan Tuhan. Setelah memahaminya, anak akan lebih bersemangat untuk menjalankannya.

  • Ajarkan niat puasa Ramadhan

Setelah memahami konsepnya, mulailah mengajari si kecil melafalkan niat puasa Ramadhan. Berilah contoh dan ajak ia membaca bersama agar dapat mengingatnya. Berikut niat puasa Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

(Nawaitu Shauma Ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’aala).

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

  • Ajarkan doa-doa yang biasa dibaca selama Ramadhan

Doa-doa lain yang biasa dilantunkan selama Ramadhan seperti Doa berbuka puasa dapat diajarkan. Anak akan lebih mudah hafal ketika sering melantunkannya bersama. Tidak perlu memaksa si kecil langsung hafal, lakukan saja perlahan agar ia melakukan dengan senang.

  • Beri semangat dan motivasi

Tentu saja tidak akan mudah mengajarkan anak untuk mulai berpuasa. Jika si kecil mulai enggan atau kehilangan semangat, Anda harus memberinya motivasi agar ia kembali bersemangat. Bisa dengan memberinya hadiah untuk membuatnya senang.

Itulah cara mengajarkan anak berpuasa Ramadhan. Ajarkan pula anak ibadah lain, seperti salat dan tarawih ke masjid agar ia melihat, bukan hanya dia, umat Islam lainnya juga berlomba untuk beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.