• September 24, 2020
generasi sandwich

Cara Jitu untuk Atasi Permasalahan Generasi Sandwich

Rentaekipo – Pada tahun 1981, Dorothy A Milller, sebagai profesor dan direktur Kentucky University, Lexington, AS mengemukakan tentang istilah generasi sandwich. Istilah ini disebutkan dengan rujukan orang-orang yang terhimpit finansial antara generasi atas dan generasi bawah. Oleh karena itu, tanggungannya menjadi dobel yakni menanggung biaya orang tua dan anaknya atau generasi keturunan. Lalu apa yang perlu dilakukan oleh sandwich generation agar keuangan bisa diatur, berikut adalah beberapanya

generasi sandwich

Membagi Waktu Dengan Baik

Membagi waktu sangat perlu dilakukan oleh sandwich generation yang harus sekaligus tiga generasi yakni orangtua, pasangan dan tentunya anak-anak mereka. Dengan pembagian waktu yang baik, penghasilan akan bisa merata sehingga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan satu generasi saja.

Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak

Hal ini menjadi sangat penting karena pendidikan adalah kebutuhan generasi milenial saat ini. kalau melihat masa lampau mungkin banyak orang tua yang tidak menyekolahkan Anaknya karena minimnya dana. Jangan sampai zaman modern Anak terganggu masa pendidikannya apalagi sampai berhenti.

Berkomunikasi Baik Dengan Pasangan

Sandwich generation jangan sampai melupakan jujur dalam berkomunikasi dengan pasangan. Lakukan pengecekan rutin tentang kondisi finansial dengan jujur penghasilan dan aset yang dimiliki. Hal yang terpenting adalah terbuka dengan adanya utang, tanggungan, atau bahkan cicilan.

Anggarkan Berapa Pengeluaran Orangtua

Kebutuhan orangtua tidak bisa ditinggalkan karena memang mereka juga memiliki hak atas pemenuhan kebutuhan hidup. Namun, perlu mengomunikasikan kondisi finansial kepada orangtua agar mereka juga bisa mengerti. Selain itu bisa pula bekerjasama dengan saudara kandung untuk memenuhi kebutuhan orangtua.

Persiapkan Dana Pensiun

Sebagai orangtua tentunya tidak ingin kelak menjadi beban bagi anak-anak. Jadi, tidak usah menunggu lama-lama untuk mencadangkan dana pensiun. Lebih cepat lebih baik. Hal ini karena anak juga pada masanya akan berada di masa produktif, jadi jika dana pensiun ini disiapkan, sandwich generation akan bisa diputus rantainya.

Dengan memilih Superyou.co.id, kebutuhan asuransi dana pensiun dapat dikumpulkan jauh-jauh tahun. Ibarat berinvestasi, kelak ketika masa pensiun itu tiba, dana bisa diterima sampai keuntungan 25 % tiap tahunnya. Selain asuransi pensiun, asuransi jiwa dan kesehatan juga perlu. Mengingat masa lansia adalah masa yang rentan terserang berbagai gangguan kesehatan. Maka jangan enggan untuk melakukan investasi untuk dana masa tua.

Demikian tentang generasi sandwich yang banyak menjangkiti para pejuang karier pekerjaan. Namun bukan berarti semua orang bisa menjadi generasi tersebut sehingga butuh kecerdasan untuk bisa mengatur keuangan. Hal ini tidak lain agar tidak terjebak dalam kesempitan finansial. Jika sampai itu terjadi, maka persiapkan sejak dini agar tidak membengkak di masa depan apalagi menimpa anak cucu yang seharusnya bisa hidup lebih baik dan tidak terpenjara masalah keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *